Senin 20 April 2009 : Indah pada waktuNYA

Senin 20 April 2009 : Indah pada waktuNYA

0 355

Kis 4:23-31
Yoh 3:1-8
“Ya Tuhan, Engkaulah yang menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya. (Kis 4:24)

Tak terasa jam sudah menunjukkan pk. 11.30 malam.
Aku terhenti sejenak dari pekerjaanku men-design sebuah majalah untuk Kelompok Lanjut Usia.
Ku buka pesan di facebook ku. Ternyata ada yang men-tag saya pada sebuah video.
Karena rasa penasaran, saya pun membuka video tersebut.
video bisa dibuka di alamat http://www.youtube.com/watch?v=9lp0IWv8QZY
Video yang ditonton lebih dari 29 juta orang di youtube ini membuat saya sangat penasaran.

Video tersebut berjudul “Susan Boyle- I Dreamed a Dream”. Jujur saya nggak tahu nama tersebut (ketahuan dech kupernya). Akhirnya saya pun klik play dan menonton video tersebut.
Tanpa terasa mata saya berkaca-kaca menonton video tersebut.
Rasanya saya tersentak melihat video tersebut.
Apalagi saya menonton di malam hari yang sepi dan sendirian, ketika istri dan anak-anak sudah tertidur pulas.
Apa pasal ?
Susan Boyle jelas tidak mempunyai penampilan layaknya seorang artis. Badannya gemuk. Perawan tua usia 47 tahun ini pun dandanannya kayak ibu-ibu tempoe doeloe. Perempuan asal Blackburn, gabungan beberapa desa di wilayah Wesy Lothian, Skotlandia, itu memang muncul seperti umumnya orang kampung. Lugu, tetapi tampak percaya diri.

Kok berani-beraninya dia ikut acara “Britain’s Got Talent” (ajang pencari bakat versi Inggris seperti “American Idol”)? Simon Cowell yang biasanya menjadi juri American Idol dan sering berkata pedas pun sepertinya meremehkan Susan Boyle ini. Bahkan terlihat dari beberapa penonton yang juga seperti memandang sebelah mata sebelum Susan Boyle tampil menyanyi.

Cowell pun menanyai si Susan ini dengan nada sinis, ”Ke mana saja kamu selama ini dan mengapa baru ikut ajang ini sekarang?” Boyle yang mengaku masih belum menikah, bahkan ia mengatakan belum pernah dicium seorang pria, itu menjawab dengan penuh rasa percaya diri. ”Selama ini saya tidak pernah memiliki kesempatan untuk tampil dalam acara pencarian bakat seperti ini.”
Cowell bertanya lagi. ”Anda ingin menjadi seperti siapa?”
Boyle dengan penuh gaya mengatakan ingin menjadi seperti Elaine Paige, aktris sekaligus penyanyi terkenal Inggris yang kiprahnya sangat diakui pada pertunjukan teater musikal. Dia pun menggoyang-goyang pinggulnya yang besar untuk meyakinkan Cowell.

Akan tetapi, ketika dia mulai menyanyikan lagu I Dreamed a Dream yang diambil dari kisah drama musikal Les Miserables, semua mata pun terbelalak, termasuk ketiga juri Britain’s Got Talent malam itu, yaitu jurnalis dan pembaca acara televisi Piers Morgan, aktris Amanda Holden, dan Simon Cowell. Sejumlah penonton yang berada di studio pun spontan bertepuk tangan sambil berdiri, memuji tinggi-tinggi suara Boyle yang memang sangat apik dan enak didengar.
Cowell yang biasanya terlihat tak acuh pun, malam itu, meletakkan kedua tangan untuk menopang dagunya. Beberapa kali dia menggelengkan kepala, seolah tak percaya dengan ”keajaiban” dari sambutan itu.

Demi Moore, aktris mahal Hollywood, mengatakan melihat video itu di Twitter dan menangis terharu. Oprah Winfrey sudah mengundangkan datang untuk duduk di sofanya dalam acara yang ditonton di seluruh dunia.
Ia memang memiliki cerita hidup yang layak diceritakan di Oprah Winfrey Show. Bukan hanya penampilan yang tidak “ngartis” tapi juga kehidupan sendiri yang cukup dramatis.

Siapakah Susan Boyle ?
Saat lahir, ia sempat kehabisan oksigen dan membuat perkembangan otak sedikit abnormal. Saat sekolah, ia sedikit terbelakang dan sering menjadi bahan ejekan teman-temannya.

Tapi ia rajin datang ke gedung teater untuk menonton para penyanyi profesional. Sekitar 14 tahun silam, ia pernah ikut audisi acara televisi My Kind of People. Tapi ia begitu grogi sehingga gagal.

Boyle begitu serius bernyanyi sehingga ia belajar dari seorang guru vokal, Fred O’Neil. Satu dekade silam, ia pernah rekaman, berjudul “Cry Me a River” untuk album peringatan pergantian milenium di kampung asalnya.

Ibunya, sampai meninggal dua tahun silam pada usia 91 tahun, terus mendorong agar anaknya itu ikut kompetisi menyanyi nasional, bukan sekedar lomba menyanyi lokal yang beberapa kali ia menangkan. Tapi Boyle merasa tidak siap.

Pentas pertama setelah ibunya meninggal adalah di depan Simon Cowell yang mengguncangkan dunia itu.

Saudara yang terkasih di dalam Tuhan,
video ini saya rasa bukan hanya menggoncangkan ketiga juri tersebut. Tapi jelas menggoncangkan saya juga malam ini. Satu pesan yang jelas ingin di utarakan melalui video ini adalah mengingatkan kita untuk tak meremehkan orang lain. Apalagi meremehkan orang yang kita tak tahu latar belakangnya.
Walau mungkin bukan video religius yang saya lihat tapi membuat mata saya kembali terbuka. Satu hal yang saya tahu pasti : ALLAH PUNYA RENCANA. Dan rencanaNYA selalu indah pada waktuNYA.
Ada banyak perasaan yang bergejolak ketika melihat video ini. Namun akhirnya hanya satu hal yang mampu menggambarkan semuanya itu bahwa Allah kita Maha Besar.

Ada banyak hal yang membuat kita terluka.
Ada banyak hal yang membuat kita rendah diri.
Ada banyak hal yang membuat kita merasa tak dihargai.
Ada banyak hal yang membuat kita minder.
Ada banyak hal yang rasanya apapun yang kita lakukan sepertinya tak berguna.
Namun satu hal yang saya percaya : Allah punya rencana dan rencanaNYA indah pada waktuNYA.
Allah begitu mengasihi kita semua dan Allah sungguh memandang kita sebagai makluk yang berharga. Di mata Allah kita adalah ciptaanNYA yang special.
Apapun kata dunia, di mata Allah kita sungguh istimewa.

Seringkali kita membatasi kemampuan kita karena kita tak pernah membiarkan Allah bekerja dalam diri kita.
Biarkanlah Allah yang menuntunmu, biarkanlah Allah yang memampukanmu
Dan biarlah Allah menjadikanmu INDAH pada waktuNYA.
Bukan dengan waktu kita. Bukan juga dengan waktu orang di sekitar kita.
Tapi indah pada waktuNYA.
Karena aku percaya Engkaulah yang menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya…

Salam kasih,
Yovie

SIMILAR ARTICLES

NO COMMENTS

Leave a Reply