Jumat, 24 April 2009: Berserah dan Percaya

Jumat, 24 April 2009: Berserah dan Percaya

0 1931

Yoh 6:1-15
Sebab Ia sendi tahu, apa yang hendak dilakukanNya. (Yoh 6:6)

Idul fitri tahun kemarin, merupakan berkat pertama bagi warung nasi hot. Karena ikut kena imbas para turis domestik yang hobby wisata kuliner. Menjelang jam makan sampai jam 10 malam, pengunjung yang mau makan masih mengalir terus. Karena sistem prasmanan kami pun lupa memperhatikan nasi putih yang hampir habis. Sampai satu pengunjung yang mengingatkannya. Tapi justru itu membuat kami kalang kabut, karena menanak nasi perlu waktu….akhirnya kami harus meminjam nasi dari restoran lain.

Saya membayangkan, waktu Yesus bertanya kepada Filipus, “dimana kita harus membeli roti supaya mereka ini dapat makan?”. Pertanyaan Yesus pasti membuat murid-muridnya shock. Bukan cuma dimana bisa mendapatkan roti sebanyak itu, tapi juga mana mereka punya uang untuk membeli roti supaya mereka semua dapat makan.
Sama seperti kami yang tiba-tiba diingatkan nasi putihnya habis, saya bayangkan mereka pasti lebih bingung lagi. Kemudian para murid mulai mencari diantara 5000 orang siapa saja yang membawa bekal. Bukan hal yang mudah dilakukan. Mereka berpencar, bertanya satu persatu sambil kebingungan. Dan ketika mereka gagal, mereka datang lagi pada Yesus dan menyatakan bahwa mereka tidak sanggup memberi makan orang sebanyak itu.

Dalam injil hari ini, kita diingatkan bahwa segala permasalahan yang kita hadapi, kebingungan, kekhawatiran, ketakutan, hanya satu hal yang perlu kita lakukan yaitu berserah dan percaya padaNya.
Mungkin terkadang kita merasa benar-benar tidak ada jalan keluar, masalah datang bertubi-tubi, sampai kita merasa terpojok dan tidak bisa berbuat apa-apa. Segala usaha telah kita lakukan tetapi tetap saja tidak bisa.
Tuhan tahu apa yang kita perlukan, Dia tahu apa yang harus dilakukan untuk menyelesaikan masalah kita. Tapi Dia ingin agar kita berserah dan percaya padaNya. Dan saat itulah Tuhan akan menunjukkan kemulianNya.

Tuhan Yesus ajar kami untuk berserah kepadaMu, dalam segala hal yang kami alami. Ajar kami untuk bersyukur padaMu. Ajar kami untuk percaya kepadaMu agar kemuliaanMu boleh nyata dalam hidup kami. Amin

Nathasa

SIMILAR ARTICLES

NO COMMENTS

Leave a Reply